Python OOP Bahasa Indonesia #1 – Pendahuluan

python oop

Sebenarnya materi OOP (Object Oriented Programming) pada Python sudah pernah dibahasa pada artikel-artikel sebelumnya pada Seri:Belajar Bahasa Python Lengkap. Dan untuk yang seri ini khusus untuk mengulas OOP agar terus melatih kita untuk semakin memahami. Tujuan lain adalah teman-teman dan khususnya saya memiliki semakin banyak referensi untuk belajar Python.

Untuk inti apa itu OOP dan apa keuntungan menggunakan OOP, teman-teman bisa browsing sendiri dan cari referensi yang sudah sangat banyak tersedia di internet. Pada umumnya OOP akan dibandingkan dengan penulisan program dengan cara terstruktur atau disebut juga structural programming.

OOP juga menjadi solusi atas pemrograman terstruktur yang dimana terjadi banyak pengulangan dalam penulisan kode. Tetapi pada OOP, dengan menggunakan konsep objek, maka sederhananya adalah satu template bisa digunakan untuk membuat banyak objek. Sehingga kita tidak perlu menulis ulang suatu kode program untuk membuat objek-objek lain.

Sederhananya mungkin bisa dilihat pada contoh di bawah ini:

# class / templete
class Hewan:
     pass

# objek
kucing1 = Hewan()
kucing2 = Hewan()

kucing1.nama = "mark"
kucing1.umur = 2

kucing2.nama = "jeff"
kucing2.umur = 3

# lihat apa saja yang ada pada kucing1
print(kucing1.dict)

# menampilkan kucing1 itu apa
print(kucing1)

# menampilkan nama kucing1
print(kucing1.nama)

Pada contoh di atas, Hewan adalah sebuah template. Kemudian dari template tersebut dibuatlah 2 objek, yaitu kucing1 dan kucing2. Kucing1 dan kucing2 memiliki atribut nama dan umur. Nantinya mereka juga dapat memiliki fungsi, misalkan fungsi makan(), minum(), dan lain sebagainya.

Jadi ketika nanti fungsi-fungsi tersebut dimasukkan ke dalam template atau class Hewan, maka objek kucing1 dan kucing2 tinggal memanggil fungsi tersebut. Tidak seperti pada pemrograman struktural dimana sebuah fungsi bisa saja ditulis ulang ketika membuat objek baru dan menyesuaikan objek tersebut.

Kurang lebih gambaran atau analoginya seperti itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.