Membuat Dashboard Monitoring di Grafana

Screenshot_17

Sebelum membaca artikel ini, pastikan anda telah membaca artikel sebelumnya yaitu Install Grafana di Ubuntu Server. Pada artikel ini akan diberikan contoh bagaimana membuat dashboard monitoring, terutama menambahkan item-item pada dashboard. Sehingga, item-item tersebut mudah untuk dimonitoring.

Menambahkan Item atau Host

Pada contoh ini, kita tambahkan host Grafana Server untuk di monitoring, apakah server sedang UP atau DOWN. Parameter yang digunakan untuk menentukan server UP atau DOWN, kita ambil dari salah satu item di Zabbix.

1 Klik + > Dashboard disisi kiri dashboard.

2. Klik Choose Visualization.

3. Pilih Singlestat.

4. Pilih General. Kemudian beri judul item atau host.

5. Buka Zabbix untuk mencari parameter sesuai dengan kondisi yang diinginkan, yaitu apakah server UP atau DOWN. Pilih tab Monitoring > Latest data.

6. Kita pilih Agent ping sebagai parameternya. Disana terlihat nilai 1 yang menandakan bahwa server sedang UP. Berarti parameter tersebut memiliki 2 kondisi, yaitu 1 adalah UP dan 0 adalah DOWN.

7. Kembali lagi ke Grafana. Klik Queries. Pilih Group kemudian Host. Untuk item kita pilih Agent ping. Ketiga pilihan tersebut akan otomatis terbaca ketika kita menaruh kursor di kolom tersebut. Jadi tinggal pilih saja.

8. Masuk ke Visualization. Set mapping nilai seperti pada gambar.

9. Visualisasi akan langsung menampilkan hasil pengaturan-pengaturan yang telah kita lakukan sebelumnya. Pada gambar terlihat teks-nya adalah UP. Karena pada Zabbix tadi, nilai parameter nya adalah 1.

10. Selanjutnya kita bisa berikan warna background dengan asumsi hijau untuk UP dan merah untuk DOWN. Atur seperti di bawah. Pada Colors bisa di-invert, dimana merah berada di kiri. Pada treshold kita kasih nilai 0,1. Nilai tersebut berarti, jika nilai kurang dari 0, maka background akan berwarna merah. Jika nilai berada di antara 0 dan 1, maka background akan berwarna orange. Dan jika nilai lebih atau sama dengan 1, maka background akan berwarna hijau.

11. Kemudian simpan dashboard.

12. Dashboard sudah jadi. Kita bisa menambahkan banyak item pada dashboard sesuai kebutuhan kita untuk monitoring.

3 thoughts on “Membuat Dashboard Monitoring di Grafana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.