Install Ubuntu 18.04 di Macbook Pro tapi WiFi Tidak Terdeteksi?

Ubuntu on Macbook Pro

Pernah penasaran memasang OS lain di Macbook Pro? Pasti sudah banyak ya yang mencoba. Kebetulan saya juga mencoba Ubuntu LTS yang versi terbaru yaitu 18.04. Untuk langkah instalasinya, saya tidak dijelaskan pada artikel ini. Boleh ditanyakan di kolom komentar saja.

Dulu saya terbiasa pakai Linux, tiba-tiba terpikirkan jika saya punya dualboot OS yaitu MacOS dan Ubuntu. Karena menurut saya untuk proses development, seperti python dan khususnya operasi yang berhubungan dengan terminal dan paket-paket instalasi lebih mudah di dapatkan di Linux.

Singkat cerita, setelah berhasil memasang Ubuntu 18.04 di Macbook Pro lawas yang saya miliki, ada yang sedikit aneh. Icon WiFi yang biasa berada di kanan atas tidak muncul. Setelah saya buka di settings, terdapat notifikasi bahwa perangkat wireless tidak ditemukan. Jika dilihat dari perintah iwconfig pun tidak ada interface wireless disana.

Sebenarnya masalah ini sudah banyak dibahas di forum-forum, tetapi solusi yang diberikan tidak semua bisa berhasil ketika dicoba. Akhirnya saya menemukan solusi sederhana, yaitu dengan memasang bcmwl-kernel-source.

# aptitude install bcmwl-kernel-source
# reboot

Setelah laptop direstart, akhirnya wireless adapter terdeteksi dan langsung bisa digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.