76. PYTHON (Pythonic & Packaging) – 3rd-Party Library

Belajar Bahasa Python Lengkap

Library pada Python sendiri memiliki fungsi yang sangat luas. Bagaimanapun juga, beberapa tugas membutuhkan library-library 3rd-party.

Beberapa library 3rd-party utama yaitu seperti Django. Django merupakan web framework yang ditulis dalam bahasa Python. Beberapa di antaranya yang menggunakan Django adalah Instagram dan Disqus. Django memiliki banyak fitur dan apapun yang kurang darinya di cover oleh extension packages. CherryPy dan Flask juga merupakan web framework yang populer.

Untuk scraping data dari website, library bernama BeautifulSoup merupakan salah satu library yang sangat ampuh. BeautifulSoup dapat menyediakan hasil yang lebih bagus dari pada kita membuat sendiri menggunakan regular expression.

Walaupun Python menawarkan modul-modul untuk mengakses website secara programming, seperti urllib, tetapi sedikit rumit untuk digunakan.

Sejumlah modul 3rd-party tersedia yang membuatnya sangat mudah untuk melakukan komputasi ilmiah dan matematis dengan Python. Modul matplotlib memungkinkan kita untuk membuat grafik berdasarkan data di Python. Modul NumPy mengizinkan penggunaan array multidimensional yang lebih cepat dibandingkan native Python pada nested list.

NumPy juga terdapat fungsi-fungsi untuk melakukan operasi matematika seperti transformasi matriks pada array.

Library SciPy memiliki beberapa extension untuk fungsi-fungsi pada NumPy.

Python juga dapat digunakan untuk pengembangan game. Biasanya, digunakan sebagai bahasa scipting untuk game ditulis dalam bahasa lain, tetapi dapat digunakan untuk membuat game itu sendiri.

Untuk membuat game 3D, dapat menggunakan library Panda3D. Sedangkan untuk game 2D menggunakan library pygame.


LANJUTKAN BACA MATERI LENGKAP


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.