12. PYTHON (Konsep Dasar) – Menggunakan Editor untuk Pemrograman Python

Seperti yang telah dibahas pada artikel-artikel sebelumnya, pada praktinya kita menggunakan Python Console untuk berlatih pemrograman python. Dimana ketika kita menuliskan kode program pada console, kita langsung akan mengetahui output yang dihasilkan. Mulai sekarang kita akan menggunakan editor untuk menuliskan kode-kode python.

Code editor atau IDE sendiri jumlahnya sangat banyak baik yang gratis maupun berbayar, seperti Visual Studio Code, PyCharm, Komodo IDE, KDevelop, Sublime Text dan lain sebagainya. Menurut penulis, pemilihan editor sendiri tergantung pilihan para pengguna. Disarankan pembaca memilih code editor atau IDE mana yang cocok dan nyaman untuk digunakan. Penulis sendiri lebih senang menggunakan Sublime Text sebagai code editor.

Pembaca juga dapat menggunakan IDE yang sudah terintegrasi langsung atau memang dikhususkan untuk Python, seperti PyCharm. Fitur-fitur yang disediakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan untuk menuliskan kode-kode program Pyhton.

Yang Perlu di Ketahui

Apapun kode editor atau IDE yang digunakan, konsep dan intinya tetap sama dimana nanti kode-kode program Python akan disimpan dalam file berektensi .py. Sehingga, jika file tersebut dieksekusi menggunakan Python Interpreter, maka program dapat berjalan sesuai dengan semestinya.

Sebagai contoh, kita akan membuat program input sederhana yang disimpan dalam file input.py.

nama=input("Nama Lengkap: ")
umur=input("Umur: ")
pekerjaan=input("Pekerjaan: ")

print(nama+" sekarang berumur "+umur+" memliki profresi sebagai "+pekerjaan)

Simpan kode program di atas dengan nama input.py. Kemudian buka terminal (jika anda menggunakan Linux atau MacOS) atau Command Prompt (jika anda menggunakan Windows). Eksekusi file tersebut dengan perintah:

$ python3 input.py

Maka akan menghasilkan output seperti di bawah ini.

zakky@Computer:~/Downloads$ python3 input.py 
Nama Lengkap: Zakky
Umur: 25
Pekerjaan: IT
Zakky sekarang berumur 25 memliki profresi sebagai IT

Sebelum melakukan eksekusi, pastikan anda sudah memasang Python terutama versi 3 di komputer anda. Untuk cara install dan konfigurasinya, silahkan cari artikel di internet yang sudah banyak tersebar dan mudah untuk dilakukan.


LANJUTKAN BACA MATERI LENGKAP –> Seri: Belajar Bahasa Python Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.