1. PYTHON (Konsep Dasar) – Apa itu Bahasa Pemrograman Python?

Apa itu Python?
Python adalah bahasa pemrograman high-level, yang meliputi web programing, scripting, scientific computing dan artificial intelligence. Python diproses oleh interpreter, tidak perlu dilakukan compile seperti bahasa pemrograman lainnya seperti bahasa pemrograman C, Java dan lain sebagainya.

Apa itu Interpreter?
Interpreter adalah program yang menjalankan script dan ditulis dalam bahasa terjemahan seperti python. Sederhananya adalah interpreter adalah penerjemah bahasa pemrograman yang ditulis menggunakan python sehingga dapat dipahami oleh mesin komputer.

Versi Python
Python mempunyai versi utama yaitu versi 1.x, 2.x, dan 3.x. Versi tersebut memiliki sub-version, misalkan versi 2.7, 3.3, dan lain-lain. Kode program python yang ditulis dalam versi 3.x akan dijamin bekerja pada semua versi pyhton.

Alasan untuk Belajar Python
Alasan yang paling konkrit untuk belajar python adalah karena bahasa pemrograman ini mudah untuk dipahami. Jika anda adalah orang yang sedang belajar pemrograman, maka akan lebih mudah belajar menggunakan python terutama sejak menginjak materi logika pemrograman atau struktur data.

Dari pengalaman pribadi penulis juga, untuk mempelajari dasar-dasar OOP juga lebih mudah menggunakan python. Jadi anda lebih cepat dan siap jika harus mempelajari bahasa pemrograman lain di waktu yang akan datang.


LANJUTKAN BACA MATERI LENGKAP –> Seri: Belajar Bahasa Python Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.